05 September 2009

Lowongan CPNS Departmen Pekerjaan Umum Tahun 2009

DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM
REPUBLIK INDONESIA

P E N G U M U M A N
Nomor : KP.01.03-Mn/490

PENGADAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL
DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM

TINGKAT PASCA SARJANA (S.2) DAN SARJANA (S.1) UNTUK GOLONGAN III
TAHUN ANGGARAN 2009
*

Departemen PU Republik Indonesia membuka kesempatan kepada para Pasca
Sarjana dan Sarjana bagi yang Berwarga Negara Indonesia baik pria maupun
wanita untuk mengikuti seleksi pengadaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil
(CPNS) di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum yang akan ditempatkan baik di
Pusat maupun di Daerah dengan ketentuan :

* *
1. *KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN JUMLAH :*


*No.* *JURUSAN/PROGRAM STUDI* *JUMLAH FORMASI*
*Pasca Sarjana (S.2)* 42 orang 1 Teknik Sipil Pengairan 20 orang
2 Teknik Sipil Jalan 9 orang 3 Teknik Sipil Konstruksi / Struktur 7
orang 4 Perencanaan Wilayah Kota 6 orang
*Sarjana (S.1)* 499 orang 1 Teknik Sipil Pengairan 85 orang
2 Teknik
Sipil Jalan 84 orang 3 Teknik Sipil Konstruksi / Struktur 48 orang
4 Perencanaan Wilayah Kota 26 orang 5 Arsitektur 34 orang 6
Geodesi
/ Geodinamika 13 orang 7 Geologi / Geofisika / Geoteknik 9
orang 8 Teknik
Lingkungan 29 orang 9 Teknik Mesin 7 orang 10 Teknik Industri 5
orang 11 Teknik Elektro Arus Lemah 5 orang 12 Geografi 7 orang
13 T.Informatika 28 orang 14 Manajemen Informatika 11 orang
15 Desain
Grafis 2 orang 16 Statistik 5 orang 17 Hukum Perdata 20 orang
18 Ekonomi Akuntansi 27 orang 19 Ekonomi Manajemen 6 orang
20 Ekonomi
Pembangunan 8 orang 21 Administrasi Negara 24 orang 22 Sosial 3
orang 23 Sosiologi 2 orang 24 Komunikasi / Publisistik 9 orang
25 Perpustakaan 2 orang * *
2.

*PERSYARATAN UMUM :*
1. Warga Negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani.
2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan
berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
3. Tidak sedang terikat perjanjian / kontrak kerja dengan instansi
pemerintah / swasta lain.
4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan
sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS / PNS / Anggota
TNI / Polri,
atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS / PNS / Calon Anggota TNI / Polri
serta Anggota TNI / Polri.
6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.
7. Minimal mengerti / mengetahui penggunaan dasar komputer (microsoft
office) dan internet (browsing & surat elektronik)
* *
3.

*PERSYARATAN KHUSUS BAGI PELAMAR UMUM :*
1. Berijazah Pasca Sarjana (S2) dan atau Sarjana (S1) dari Perguruan
Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta yang telah mendapat akreditasi
(minimal B) atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat
pengesahan dari Departemen Pendidikan Nasional, dengan persyaratan Indek
Prestasi Komulatif (IPK): untuk S1 minimal 2,75 (dua koma tujuh
lima), dan
S2 minimal 3,25 (tiga koma dua lima). Bagi pelamar berpendidikan
S.2 wajib
melampirkan ijazah dan transkrip nilai jenjang S.1.
2. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang tersedia yang
ditetapkan oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.
3. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) yang
dibuktikan dengan hasil test kemampuan bahasa inggris yang masih berlaku
yang diterbitkan pada tanggal 1 Oktober 2008 atau sesudahnya. Hasil Test
yang diperbolehkan untuk dilampirkan adalah sebagai berikut :
- EPT yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Pendidikan
Profesional (LBPP) LIA dengan nilai minimal : 450 untuk S.1
dan 475 untuk
S.2.
- TOEFL Ò IBT (Internet Base TOEFL) yang diterbitkan oleh The
Indonesian International Education Foundation (IIEF) dengan
nilai minimal 53
untuk S.1 dan 64 untuk S.2.
- IELTS yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Australia (IDP)
4.5 untuk S.1, dan 5.5 untuk S.2.
4. U s i a :
- Tidak lebih dari 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir
pada 1 Desember 1981 atau sesudahnya) untuk tingkat Sarjana (S1).
- Tidak lebih dari 30 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir
pada 1 Desember 1979 atau sesudahnya) untuk tingkat Pasca
Sarjana (S2).
* *
4.

*PERSYARATAN KHUSUS BAGI PEGAWAI TIDAK TETAP (PTT) DI LINGKUNGAN
DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM :*
1. Merupakan pegawai yang tercatat dalam Database Pegawai Tidak Tetap
(PTT) di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum. Bagi pegawai yang tidak
tercatat, maka secara otomatis diperhitungkan sebagai pelamar umum.
2. Berijazah Pasca Sarjana (S.2) dan atau Sarjana (S.1) dari Perguruan
Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta yang telah mendapat terakreditasi
atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat
pengesahan dari
Departemen Pendidikan Nasional. Bagi pelamar berpendidikan S.2 wajib
melampirkan ijazah dan transkrip nilai jenjang S.1.
3. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang tersedia yang
ditetapkan oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.
4. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) yang
dibuktikan dengan hasil test kemampuan bahasa inggris yang masih berlaku
yang diterbitkan pada tanggal *1 Oktober 2008* atau sesudahnya. Hasil
Test yang diperbolehkan untuk dilampirkan adalah sebagai beriku :
- EPT yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Pendidikan
Profesional (LBPP) LIA dengan nilai minimal : 450 untuk S.1
dan 475 untuk
S.2.
- TOEFL Ò IBT (Internet Base TOEFL) yang diterbitkan oleh The
Indonesian International Education Foundation (IIEF) dengan
nilai minimal 53
untuk S.1 dan 64 untuk S.2.
- IELTS yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Australia (IDP)
4.5 untuk S.1, dan 5.5 untuk S.2.
- TOEFL Prediction dari Perguruan Tinggi Negeri dengan nilai : 450
untuk S.1 dan 475 untuk S.2.
5. Berusia tidak lebih dari 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2009
(lahir pada 1 Desember 1974 atau sesudahnya) untuk tingkat
Sarjana (S1) dan
Pasca Sarjana (S.2).
6. Telah bekerja sebagai pegawai tidak tetap sebelum 1 April 2007 yang
dinyatakan dengan Surat Keterangan dari Sekretaris Satminkal / Direktur /
Kepala Biro / Kepala Pusat di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum.
* *
5.

*PENDAFTARAN :*
1. Proses pendaftaran Pelamar dapat dilihat melalui Website Departemen
Pekerjaan Umum di http://www.pu.go.id.
2. Bagi Pelamar yang telah melakukan pendaftaran dan secara system
dinyatakan memenuhi syarat maka akan diberikan nomor berkas yang harus
dicetak. Berkas tersebut untuk selanjutnya dikirimkan bersama persyaratan
lain yang ditentukan.
3. Periode Pendaftaran online dibuka mulai tanggal *3 s.d. 30
September 2009*.
4. Kelengkapan Berkas dapat dikirimkan setelah mendaftar secara online
dan mendapatkan No. Berkas dan telah *diterima panitia paling lambat
tanggal 5 Oktober 2009 jam 15.00*
5. Pengiriman Berkas hanya melalui Kotak Pos 541 JKTM 12700 dan
ditujukan kepada :

*Ketua Panitia Pengadaan CPNS 2009
Departemen Pekerjaan Umum
Kotak Pos 541
JKTM 12700*
6. Kelengkapan lamaran bagi Pelamar Umum
1. Hasil cetak Nomor Berkas sesuai yang diperoleh pada saat
pendaftaran secara online, dibubuhi meterai dan ditandatangani.
2. Dilengkapi dengan dokumen pendukung berupa :
1. Fotocopy ijazah S.2 atau S.1 berikut transkrip dari Perguruan
Tinggi Negeri / Swasta yang sudah dilegalisir sesuai persyaratan :
- Universitas / Institut, oleh Rektor / Dekan / Pembantu
Dekan Bidang Akademik.
- Sekolah Tinggi, oleh Ketua / Pembantu / Ketua Bidang
Akademik.
- Ijazah yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi Luar Negeri
oleh Pejabat yang berwenang di Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan Nasional.
2. 1 (satu) Duplikat / fotocopy legalisir Sertifikat Tes
Kemampuan Bahasa Inggris sesuai persyaratan.
3. 3 (tiga) lembar pas photo ukuran 3 x 4 cm (berwarna) dan nama
pelamar dituliskan di bagian belakang.
4. Fotocopy KTP yang masih berlaku.
5. Fotocopy Akte Kelahiran.
6. Surat Pernyataan yang bersangkutan bersedia ditempatkan di
seluruh daerah di Indonesia.
7. Surat Pernyataan bersedia membayar ganti rugi pengunduran
diri (bagi yang diterima dan mengundurkan diri) sebesar
Rp. 10.000.000,-
(sepuluh juta rupiah) bermeterai Rp. 6.000,- sesuai dengan
contoh dalam
website.
8. Khusus PTT dilengkapi dengan Surat Pernyataan dari Sekretaris
Satminkal / Direktur / Kepala Biro / Kepala Pusat terkait dan Surat
Pernyataan Melaksanakan Tugas..
3. Berkas lamaran disusun rapi dalam map snelhecter dan dimasukkan
dalam amplop berwarna coklat. Warna Map untuk pelamar umum :
S.1 (kuning),
S.2 (biru). Untuk Pegawai Tidak Tetap : S.1 (merah), S.2 (coklat).
4. Cantumkan informasi pelamar pada amplop (disediakan oleh sistem
pada saat selesai pendaftaran online).
5. Berkas lamaran yang tidak lengkap atau terdapat perbedaan data
antara database pelamar dengan berkas yang disampaikan akan
dinyatakan tidak
memenuhi syarat
* *
6.

*PENDAFTARAN :*

Berikut adalah Tahapan dan Jadwal Seleksi dalam Pengadaan PNS Departemen
PU Tahun 2009 :


*No.* *TAHAPAN / JADWAL SELEKSI* *TANGGAL* 1 Pendaftaran
secara Online 3 – 30 Sept 2009 2 Penerimaan Berkas 3 Sept – 5 Okt 2009
3 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 11 Okt 2009 4 Pengambilan
Tanda Peserta Ujian 14– 16 Okt 2009 5 Ujian Tertulis 17 Okt 2009
6 Pengumuman
Hasil Test 24 Okt 2009 7 Pemberkasan Ulang 26 Okt – 6 Nov 2009
8 Penyampaian
secara simbolis SK CPNS 2009 3 Des 2009

Seleksi dilakukan dengan tahapan (sistem gugur) sebagai berikut :
1. Seleksi Administratif dengan melihat pemenuhan persyaratan di atas,
dan yang tidak memenuhi persyaratan akan gugur. Hanya mereka
yang dinyatakan
lulus seleksi administratif yang akan dipanggil untuk mengikuti
ujian tulis
melalui pengumuman di website Departemen Pekerjaan Umum dan
papan pengumuman
Departemen Pekerjaan Umum.
2. Bagi pelamar yang lulus Seleksi Administratif diharuskan untuk
mengambil Tanda Peserta Ujian, waktu dan lokasi pengambilan Tanda Peserta
Ujian akan ditentukan kemudian.
3. Tanda Peserta Seleksi Ujian Tertulis diambil sendiri oleh calon
peserta (tidak dapat diwakilkan) dengan membawa dokumen asli
berupa: ijazah,
Sertifikat Kemampuan Berbahasa Inggris, transkrip nilai dan akte
kelahiran
untuk diperlihatkan kepada panitia.
4. Ujian tertulis meliputi Test Pengetahuan Umum (TPU) yang terdiri
dari : Pengetahuan Ke-PU-an, Bahasa Indonesia, Pancasila, Tata Negara,
Sejarah dan Kebijakan Pemerintah. Test Bakat Skolastik (TBS), Pengetahuan
Khusus/Substansi, Test Skala Kematangan (TSK). Waktu dan lokasi Ujian
Tertulis akan ditentukan kemudian.
5. Hasil Ujian tulis akan diumumkan melalui website Departemen
Pekerjaan Umum dan papan pengumuman Departemen Pekerjaan Umum.
* *
7.

*LAIN-LAIN :*
1. Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil Departemen Pekerjaan Umum
tidak dipungut biaya.
2. Departemen PU tidak bertanggungjawab atas pungutan atau tawaran
berupa apapun oleh oknum – oknum yang mengatasnamakan Departemen
Pekerjaan
Umum atau Panitia sehingga peserta diharapkan tidak melayani tawaran –
tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai Calon PNS.
3. Panitia membuka jalur pelayanan telephone (hotline) bagi para
pelamar pada hari dan jam kerja *(3 s.d. 30 September 2009, Senin –
Jumat, 09:00 – 15:00 WIB)* :


*Persyaratan Administratif* *Sistem Online* 0857 163 55447
(Sdri. Wenny)
0857 163 55448 (Sdri. Dewi) 0857 163 55449 (Sdr. Sam)
4. Lamaran tanpa nomor berkas lamaran dianggap tidak berlaku dan tidak
akan diperiksa oleh panitia. Panitia hanya memeriksa 1 (satu)
berkas lamaran
untuk 1 (satu) Nomor Berkas.
5. Surat Keterangan Kelulusan / Ijazah sementara dapat diterima,
dengan syarat Pelamar dapat menyertakan Surat Pernyataan yang
ditandatangani
oleh Pimpinan Universitas yang menyatakan bahwa pihak Universitas sudah
dapat mengeluarkan ijazah asli yang bersangkutan pada saat yang
bersangkutan
mengambil Nomor Peserta Ujian. Bagi Pelamar yang tidak dapat menunjukkan
Ijazah asli, maka yang bersangkutan tidak dapat mengambil Nomor Peserta
Ujian.
6. Bagi Pelamar lulusan luar negeri harap melampirkan konversi
transkrip nilai yang disahkan oleh Ditjen Dikti Depdiknas.
7. Berkas lamaran yang dikirimkan kepada Departemen Pekerjaan Umum
sebelum pengumuman Pengadaan PNS Tahun 2009 dianggap tidak berlaku.
8. Berkas lamaran yang diterima panitia menjadi milik panitia dan
tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
9. Hal – hal lain yang berkaitan dengan pengadaan dan seleksi PNS
Departemen Pekerjaan Umum Tahun 2009 dapat dilihat pada website
Departemen
PU (http://www.pu.go.id) dan para pelamar disarankan untuk terus
memonitor perkembangannya.

Jakarta, 3 September 2009

A.N MENTERI PEKERJAAN UMUM
Sekretaris Jenderal

ttd

*Ir. AGOES WIDJANARKO, MIP*
NIP. 110023320

2 comments:

  1. LOWONGAN KERJA SATPAM / SECURITY TERBARU BAGI LULUSAN SD, SMP, STM, SMA, SMU, SMK, SMEA


    GOLDEN MILENIUM SECURITY, Bergerak di bidang jasa Pengamanan, yang bekerja sama dengan Mall, Hotel, Apartement, Bank, Rumah Sakit dan gedung perkantoran yang ada di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok dan Tanggerang.

    KETENTUAN YANG BERLAKU :

    01. Pengalaman kerja Satpam / Security tidak di Utamakan.
    02. Setelah dinyatakan lulus seleksi oleh Kami, maka calon anggota Satpam / Security langsung mengikuti pelatihan selama 1(satu) minggu dan langsung penempatan kerja.
    03. Selama pelatihan di sediakan Mess (tempat tinggal).
    04. Gaji yang akan diperoleh per bulan setelah bekerja adalah UMR DKI + Lemburan.
    05. Biaya administrasi sebesar Rp. 500.000 (dipotong dari gaji setelah bekerja).
    06. Biaya baju seragam, atribut Satpam / Security, pelatihan dan piagam sebesar Rp. 1.500.000 (dibayarkan di muka pada saat seleksi dengan mendapatkan tanda terima penerimaan kerja, uang akan di kembalikan saat itu juga apabila dalam ujian dinyatakan tidak lulus seleksi penerimaan anggota Satpam / Security).

    PERSYARATAN YANG HARUS DIPENUHI :

    01. Jenis kelamin Pria / Wanita.
    02. Membuat surat lamaran kerja beserta daftar riwayat hidup.
    03. Melampirkan Ijasah foto Copy (setelah bekerja yang asli di lampirkan).
    04. Pas Foto berwarna 4 X 6 sebanyak 4 lembar.
    05. Foto Copy KTP sebanyak 4 lembar.
    06. Foto Copy Surat Keterangan Kelakuan Baik dari kantor Polisi.
    07. Surat Keterangan Sehat dari Dokter / Puskesmas yang asli.
    08. Tinggi badan Pria 170 Cm, Wanita 160 Cm.
    09. Umur Maksimal Pria 38 Th, Wanita 25 Th.
    10. Meterai sebanyak 3 Buah.




    APABILA SEMUA PERSYARATAN DAN KETENTUAN
    TERPENUHI DI JAMIN LANGSUNG BEKERJA

    Lamaran Dapat Di kirimkan
    Melalui Pos ke :

    GOLDEN MILENIUM SECURITY
    Gedung Plasa Lippo (CIMB NIAGA) Lt. 5
    Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
    Jakarta – 12920

    Atau Lamaran Dapat Di kirimkan
    Melalui Email ke :

    (arie_golden@yahoo.com)

    Untuk Informasi
    Hubungi Sdr. Arie
    Telp : (021) 32228536
    HP : 0855-1029572
    0813-17926502
    (Mohon Maaf Kami Tidak Melayani SMS / Missed Calls)

    ReplyDelete
  2. @arie: buat perusaahaan yang akan menampilkan iklan lowongannya
    silahkan isi form di :
    http://iklanlowongankerja.info
    pasang iklan lowongan kerja gratis tanpa daftar

    ReplyDelete

Ingin tau info lowongan terbaru di facebookmu?

Ingin tau info lowongan terbaru di facebookmu?
Join Sekarang Di Facebookmu!